Selasa, 14 Februari 2012

Senam Pilates

 


           Pilates merupakan salah satu pilihan dalam berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh. Walaupun belum setenar senam aerobik sehingga tidak di semua kota terdapat sanggar senam pilates, namun bagi sebagian orang, senam pilates telah menjadi pilihan dalam berolahraga karena dinilai lebih cepat memberikan efek kebugaran terhadap tubuh. 
        Senam pilates pertama kali ditemukan oleh Joseph Pilates. Nama pilates itu sendiri diambil dari nama penemunya. Pada dasarnya, senam pilates merupakan sebuah program yang melatih tubuh kita dari dalam ke luar dengan cara memfokuskan pada otot-otot inti kita, seperti pada bagian perut dan punggung. Seperti halnya yoga, senam pilates merupakan sebuah bentuk latihan olah tubuh dan pikiran dimana senam pilates lebih berfokus pada pentingnya pernafasan yangdilakukan secara benar pada saat melakukan gerakan tubuh yang sangat detail.
          Perbedaan senam pilates dengan yoga adalah bila yoga pada dasarnya merupakan bentuk latihan spiritual dengan mendapatkan manfaat kesehatan fisik. Sedangkan senam pilates lebih fokus ke olahraga. Senam pilates sangat bagus untuk memperbaiki postur tubuh. Karena gerakan senam pilates dapat memperkuat punggung bagian bawah serta perut (abdomen). Jadi dengan melakukan senam pilates, kita akan mendapatkan perut yang rata serta otot yang lebih panjang sehingga memberikan efek langsing pada tubuh kita
          Kunci keberhasilan dalam senam pilates adalah: jangan pernah merasa putus asa pada awal-awal pelaksanaan senam pilates. Sebagian besar orang akan merasa frustasi dan memutuskan untuk tidak meneruskan senam pilates karena merasa kesulitan menguasai gerakan-gerakan awal senam pilates. Padahal bila mau lebih sabar dan telaten, semua gerakan awal tersebut bisa dilakukan. Bila kita sukses melakukan gerakan awal senam pilates, maka kita bisa melakukan gerakan-gerakan selanjutnya dengan mudah.  


Keuntungan Pilates adalah :

  1. Meningkatkan kekuatan inti perut.
  2. Membantu anda untuk membentuk otot yang lebih ramping dengan cara menguatkan dan melenturkan otot tanpa membuat otot menjadi besar-besar.
  3. Mengembangkan keseimbangan, stabilitas dan fleksibilitas.
  4. Mengurangi stress dan kelelahan.
  5. Bekerja dengan otot dalam untuk membangun kekuatan dan kontrol tubuh.
  6. Mengembangkan kesadaran pikiran dan tubuh.
  7. Melatih otot-otot tanpa menyebabkan sakit atau mengurangi resiko robeknya otot atau perusakan sendi.
  8. Meningkatkan kontrol otot tanpa menimbulkan ketegangan otot.
  9. Sangat cocok untuk semua orang, segala umur dan tingkat kebugaran.
  10. Prinsip dari Pilates dapat dikombinasikan dengan kegiatan kita sehari-hari.
  11. Mengurangi rasa sakit, kaku dan tegang pada leher, bahu, punggung atas dan bawah, yang disebabkan oleh misalignment dan otot yang tidak seimbang.


Dua gerakan senam Pilates bikin perut rata :

Toe Dip

  1. Berbaringlah terlentang di atas punggung dengan kedua kaki diangkat ke atas dan dibengkokkkan membentuk sudut 90 derajat. Paha lurus ke atas dan betis sejajar dengan lantai. Istirahatkan tangan di sisi tubuh dengan telapak tangan menghadap ke bawah. Jaga agar perut berkontraksi dan tekan pungung bawah ke lantai
  2. Tarik nafas dan rendahkan kaki kiri dalam hitungan 2 ("turun, turun"), pastikan hanya mengerakkan kaki dari pinggul dan arahkan jari kaki ke lantai (tapi jangan biarkan jari menyentuh lantai). Tarik nafas dan naikkan kembali kaki Anda ke posisi semula dalam hitungan dua ("naik, naik"). Ulangi dengan kaki kanan dan ulangi lagi ke kaki kiri dan selanjutnya secara bergantian hingga 12 kali pengulangan di masing-masing kaki.

Leg Circle

  1. Berbaringlah dalam posisi terlentang dengan kedua kaki diluruskan di lantai. Naikkan kaki kiri ke arah langit-langit, dengan jari kaki diluruskan dan kedua tangan berada di sisi tubuh, telapak tangan menghadap ke bawah. Tahan selama 10-60 detik. (Jika posisi ini membuat Anda kurang nyaman, bengkokkan kaki kanan dan tempatkan telapak kaki mendatar di lantai).
  2. Buatlah lingkaran kecil di udara dengan jari-jari kaki kiri Anda, putar kaki Anda dari pinggul. Tarik nafas ketika Anda mulai membentuk lingkaran dengan kaki dan keluarkan nafas begitu selesai. Tahan agar tubuh sediam mungkin dengan cara menegangkan perut. Buat 6 lingkaran, kemudian bentuk lingkaran ke arah yang berlawanan 6 kali lagi. Ulangi dengan kaki yang lain.

5 komentar:

  1. senam pilates tuh awalny dri mna yah ?? n apkh walny ada jga udh pke baju senam yah ?:)

    BalasHapus
  2. waah jadi bisa lebih tau banyak tentang sejarah senam pilates nich... hmmm kalo mau beli baju senam murah dimana ya gan....???

    BalasHapus
  3. Salam Kenal Gan...
    OKe Banget Blognya..... jd tau Manfaat dari Senam Pilates
    Klo Untuk Menurunkan berat badan lebih efektif mana Antara Pilates sama Aerobic ...
    klo Untuk temmpat yg jual baju senam wanita Untuk pilates di Mataram di mana ya ?
    Moga Makin Banyak Pengunjung Blognyaa

    BalasHapus
  4. sauntun senam pilates sendiri berasal dari negera mana ya....
    apakah juga memiliki manfaat yang sama seperti senam aerobik?...
    dan untuk info soal tren baju senam aerobik saat ini seperti apa ya...
    salam suskses

    BalasHapus
  5. Thank kak for info, bisa sekalian berbagi tetang toko baju senam yang daerah surabaya

    BalasHapus