Rabu, 02 Mei 2012

Perkembangan Bayi dan Tahapannya

 



Perkembangan bayi bulan pertama
Biasanya, dalam umur 0-1 bulan, bayi sudah bisa memagang sesuatu yang menyentuh di telapak tangannya. Hal ini merupakan refleks, bentuk dari perkembangan bayi tersebut.
Perkembangan bayi bulan ke-2
Dalam usia ini, bayi mulai terlihat bisa menatap orang di dekatnya, mulai belajar tersenyum, dan bersuara. Biasanya bayi bersuara lucu di perkembangannya dalam usia 1-2 bulan. Sepertinya dia ingin berkata kepada orang di dekatnya, tapi yang keluar hanya a,a,e


Perkembangan bayi usia 3 bulanan
Pada fase ini, bayi mulai belajar menggerakan sesuatu yang ada di dekatnya, terutama yang dipegangnya, misalnya dot atau benda yang lain. Kemudian bayi juga belajar menggerakan mata mengikuti pergerakan sesuatu benda. Misalnya, anda menggerakan dot di depan sang bayi, pada fase ini, bayi sudah mulai belajar untuk mengikuti arahnya dengan bola mata.Selain itu bayi juga mulai belajar mengenali objek dan orang-orang asing, dan memantapkan senyum manisnya. Bayi juga belajar untuk mengkoordinasi antara tangan dengan matanya.
Perkembangan bayi bulan ke-4
Dalam usia 4 bulanan, bayi sudah mulai menunjukan sikap humorisnya. Bayi sudah bisa seidikit tertawa dan mengerti ajakan bercanda dari orang terdekatnya. Kemudian agresifitas sang bayi juga mulai nampak dalam perkembanganya di usia ini, yang dilakukan dengan cara meraih sesuatu yang ada di tangan kita, seperti mainan, atau apapun yang ada di tangan kita. Jadi hati-hati ya !! Ada kalanya, bayi juga memasukkan tangan kedalam mulutnya dalam usia 4 bulanan ini, kemudian buah hati juga akan belajar tengkurap.
Perkembangan bayi bulan ke-5
Pada bulan kelima dalam proses perkembangan bayi, merkea akan mulai berguling, mulai bisa mengenali sesuatu seperti suara yang baru, dan mulai mengenal panggilan orang terdekat terhadapnya. Jadi pastikan anda memanggilnya dengan panggilan yang baik. Saya punya pengalaman melihat seorang Ibu yang memanggil anaknya dengan panggilan “ jeleeekk”, meskipun dengan nada yang lucu, sebaiknya panggilan-panggilan seperti ini dihindari karena kita semua tahu bahwa memory anak sangat luar biasa. Tanpa kita sadari, anak akan merekam semua yang dia dengar. Pada tahap perkembangan bayi di usia ini juga bisa duduk meskipun hanya sebentar, kemudian berusaha meraih sesuatu yang masih ada di diluar jangkauannya. Selain itu, pembelajaran suku kata seperti ma, pa, atau kata sejenis lainnya bisa terjadi dalam usia bayi yang kelima ini,
Perkembangan bayi usia 6 bulanan
Bayi mulai belajar menopang tubuhnya dengan bertumpu pada kedua tanganya. Dia juga sudah bisa berputar, menirukan ekspresi, merangkak,dan menoleh.
Perkembangan bayi usia 7 bulan
Pada usia ini, bayi sudah lebih fasih untuk berputar atau membalikkan badan, mulai memainkan tangan dan kakinya, mulai belajar melambai, dan sangat senang bermain “cilukba”.
Perkembangan bayi bulan ke-8
Perkembangan bayi di bulan ke-8 mulai duduk dengan lebih baik, lebih peka memperhatikan gerakan-gerakan orang atau benda di dekatnya, semakin bersemangat juga untuk mendapatkan mainan yang diluar jangkauanya.
Perkembangan bayi pada bulan ke-9
Bayi mulai merayap pada umurnya yang kesembilan bulan, mulai belajar berdiri lebih tegak, dan masih suka main cilukba. Bayi juga mulai berkata kata, 1 atau 2 patah kata baru dalam usianya kali ini. Kemudian mereka akan mencoba berpegangan pada sesuatu untuk tubuhnya saat belajar berjalan. Dalam fase ini, bayi juga mulai mengenali kata tidak. Kalau dihubungkan dengan psikologi, anda harus lebih hati-hati berbicara dengan anak. Gunakan kata-kata yang baik, mulai gunakan kalimat-kalimat motivasi untuk menanamkannya kepada anak, hindari menggunakan kata “ tidak”, dan “jangan” yang berlebihan. Seperti yang sudah saya katakan diatas, meskipun anak terlihat belum mengerti, tapi mereka benar-benar seperti mesin perekam terhebat di dunia. Pastikan bahwa bayi anda hanya mendengar dan melihat hal-hal baik demi perkembangannya di masa yang akan datang.
Perkembangan bayi usia ke 10 bulanan
Di usia 10 bulanan, bayi akan lebih keras lagi untuk belajar berdiri, terkadang juga masih menggunakan pegangan, kemudian tangan bayi sudah cukup kuat untuk memegang atau sekedar menjepit benda dengan kedua jari tangannya.
Perkembangan bayi bulan ke-11
Pada perkembangan bayi kali ini, bayi akan lebih lancar merangkak, mulai berjalan merambat meskipun masih berpegangan, dan akan otomatis berjalan bila kedua tangannya dipegang. Selain itu, bayi akan lebih mengenali orang tuanya, dan belajar mengatakan pa, ma.
Perkembangan bayi bulan ke 12 atau usia 1tahunan
Untuk usia 1 tahun, beberapa bayi sudah bisa berjalan dengan baik bahkan mulai belajar mengejar meskipun tubuhnya masih bergoyang. Sang bayi mulai memanfaatkan tangisan secara lebih untuk mengatakan kebutuhannya.
Ini adalah fase-fase atau proses perkembangan bayi yang biasanya terjadi, semoga bisa membantu untuk lebih memperhatikan bayi anda, memonitornya demi perkembangan fisik dan mentalnya di masa mendatang. Jika bayi anda mulai tumbuh, ia juga perlu nutrisi otak untuk anak guna menunjang perkembangan otaknya. Yang tidak kalah penting, anda tidak perlu khawatir jika merasa perkembangan bayi dirasakan begitu lambat. Alangkah lebih baiknya konsultasikan hal ini dengan dokter, atau dengan orang yang lebih berpengalaman dari anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar